M.Rezza Makapuan

Laki - Laki , Umur 13 Tahun

Garut Jawa Barat , Indonesia

Jangan jadikan kegagalan kemarin sebagai penghambat hari ini. Semangat untuk membuat hari esok lebih baik, Melalui hari ini.

About

Blogroll

:RE-VANSDARKā„¢ Is Valid HTML5
FOLLOW THIS BLOG
Sabtu, 12 Mei 2012

:


KERANGKA
ANGGOTA GERAK BAWAH

           
A.     PENGERTIAN

            Tulang dari extremitas bawah atau anggota gerak bawah dikaitkan pada batang tubuh dengan perantara gelang panggul.Anggota bawah terdiri atas 31 tulang yaitu :

I  Tulang  koxa                  -  tulang pangkal paha
I  Femur                       -  tulang paha
I  Tibia                              -  tulang kering
I  Fibula                       -  tulang betis
I  Patela                             -  tempurung lutut
I  Tulang tarsal              -  tulang pangkal kaki
5 Tulang metatarsal             -  tulang telapak kaki
14 Falanx                     -  Ruas jari kaki

B.      TULANG PANGGUL

Tulang Panggul atau  os koxae turut membentuk gelang panggul. letaknya di setiap sisi dan di depan bersatu dengan simfisis pubis, maka dua tulang itu membentuk sebagian besar dari pelvis.
Tulang koxa adalah tulang pipih yang berbentuk tidak beraturan.yang dibentuk oleh 3 tulang yang bertemu di asetabulum, yaitu sebuah rongga berbentuk cawan di permukaan external dari tulang koxa dan mencekam kepala femur dalam formasi gelang panggul.
Tiga tulang yang berkumpul disini adalah ilium, yang menduduki tempat terbesar, disebelah depan adalah pubis, dan iskhium paling posterior.

Tulang  usus atau ilium memperlihatkan 2 permukaan, sebuah Krista dan sebuah permukaan persendian untuk sacrum.
            Krista ilium melengkung dan menjulang diatas tulang, permukaan itu member kaitan pada banyak otot, termasuk otot abdominal, dan latisimun dorsi. Krista ilium berakhir didepan di suatu titik yang disebut spinailiaka superior, tempat ligament poupart atau ligament inguinal berkait. Di bawah spina ini terdapat 2 benjolan, yaitu spina inferior anterior dan spina inferior posterior.
Permukaan antara spina posterior membentuk permukaan persedian untuk sacrum. Dibawah persendian ini terletak sebuah teluk besar yang bernama insisura iskhiadika mayor. Yang dilalui saraf ishiadikus besar dari pelvis ke arah paha.

Gambar Krista iliaka















C.      TULANG KEMALUAN

Tulang kemaluan atau Pubis terdiri atas sebuah badan dan dua ramus. Badannynya berbentuk  persegi empat dan diatasnya menjulang Krista pubis, tulang pubis bersatu didepan pada simfisis pubis.
Iskhium atau tulang duduk adalah bagian yang tertebal dan terkeras. tuberositas dari iskhium terletak pada titiknya yang terendahdan tubuh menjejak diatasnya kalau duduk. Sebuah eminensus tajam yaitu spina dari iskhium, menonjol di belakang  dan itu adalah titik terendah dari insisura iskhiadika

D.     TIBIA

Tibia atau tulang kering merupakan kerangka yang utama dari tungkai bawah dan terletak medial dari fibula atau tulang betis, tibia sendiri adalah tulang pipa dengan sebuah batang dan dua ujung.

1.      Ujung atas                   :
Memperlihatkan adanya kondil medial dan kondil lateral. Kondil-kondil ini merupakan bagian yang paling atas dan paling pinggir dari tulang. Permukaan superiornya memperlihatkan 2 dataran permukaan persendian untuk femur dalam formasi sendi lutut.permukaan-permukaan itu halus dan diatas permukaannnya yang datar terdapat tulang rawan semilunar ( setengah bulan )
Yang membuat permukaan persendian lebih dalam untuk penerimaan kondil femur.
            Kondil lateral memperlihatkan  posterior sebuah faset untuk persendian dengan kepala fibula pada sendi-sendi  tibio-fibuler superior.kondil-kondil ini dipisahkan disebelah belakang dengan dipisahkan ole lekukan popliteum.
2.      Ujung bawah 
   

Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

1 komentar:

 

Banner 468x60